Friday, April 5, 2013

Telkomsel M-Komik

JAKARTA - Telkomsel mengembangkan inovasi layanan mobile Komik (m-Komik) dengan komunitas komik Indonesia (Akademi Samali, Splash, Komik Indonesia.com) dan inTouch sebagai penyedia aplikasi.
Dalam perjalanannya sepanjang era tahun 1970 hingga 2000-an, format tampilan komik dalam bentuk cetak telah menjadi saksi kebangkitan dan keterpurukan komik Indonesia, bahkan sebagian penerbit sempat gulung tikar karena modus pembajakan cetak ulang yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Selanjutnya sebagian lagi memilih untuk berkarya dengan format website, di mana teknologi internet dalam hal ini cukup berperan dalam membantu perkembangan komik Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Dengan teknologi ini informasi pun menjadi lebih cepat dan memungkinkan pembaca membeli atau berlangganan dalam format data softcopy. Beberapa situs komik yang mewakili wajak komik Indonesia seperti: Tita’s playground (karya Dwinita Larasati) Serta Gibug dan Oncom (karya Wisnoe Lee)

Sejalan dengan perkembangan teknologi telekomunikasi dimana hadir teknologi komunikasi dengan mobilitas tanpa batas atau lebih dikenal dengan nama selular, masyarakat pun semakin menginginkan adanya layanan lebih yakni dimanapun dan kapan pun dapat berkomunikasi sekaligus mendapatkan informasi/data yang diinginkan langsung lewat ponselnya. Saat ini pengguna selular telah mencapai lebih dari 70 juta dan terus tumbuh dengan cepat dari tahun ke tahun, di mana diperkirakan di tahun 2010 mencapai 120 juta.

Melalui jaringan Telkomsel yang terus berevolusi semakin canggih, memungkinkan komik kini dapat dinikmati langsung melalui ponsel kapanpun dimanapun mereka berada, bahkan saat berada di luar negeri sekalipun. Potensi ini tentunya menggambarkan besarnya peluang pengembangan era m-Komik di Indonesia.

“Sebagai service leader industri selular di Indonesia, kami selalu berupaya memberikan yang terbaik dengan menghadirkan layanan berkualitas yang didukung oleh jaringan terluas dan teknologi yang handal serta mitra kerjasama yang sangat berkompeten di bidangnya masing-masing. Dalam hal ini kami menggandeng komunitas komikus terkemuka di Indonesia dan InTouch.  Kami berharap apa yang kami lakukan bersama mitra bisa manjadi manfaat dalam perkembangan industri komik Indonesia, sebagaimana yang kami lakukan dalam membantu membangkitan industri musik yang sempat terpuruk karena ramainya pembajakan melalui layanan Nada Sambung Pribadi atau ring back tone”, ungkap Kiskenda Suriahardja, Direktur Utama Telkomsel,

No comments:

Post a Comment